468x60 Ads

Pesta Kuliner di Tawangmangu, Karanganyar

Setelah artikel sebelumnya membahas kuliner di kota Solo, sekarang saatnya naik sedikit ke Kabupaten Karanganyar. Ibarat Jawa Barat, Karanganyar merupakan daerah “Puncak” untuk Jawa Tengan. Hawanya sejuk dengan pemandangan yang memukau. Dari kota Solo, kurang lebih bisa ditempuh 1 sampai  2 jam. Kalau kamu menyempatkan diri kesana, ada beberapa tempat yang menjadi rekomendasi buat di datangi dan cemilan yang disarankan untuk dicoba.

1. Sop Buntut Bu Ugi
Terletak disebelah kanan jalan dari bawah. Isi sopnya kentang, wortel, daun sledri, dan 4 potongan buntut sapi. Harus minta dbuatkan yang ekstra panas ya, soalnya seringkali cepat menjadi dingin dan mengurangi kenikmatannya. Per porsi hanya dikenakan Rp 17.000 sudah termasuk nasi.

Pic: Kedai Teh Ndoro Donker / http://owl.li/kPfHl 
2. Ndoro Donker
Ini adalah tempat ngeteh yang terkenal. Tempatnya enak untuk kumpul, kamu juga bisa sambil jalan-jalan di kebun teh. Banyak jenis teh yang kamu bisa coba disini, Jasmine Tea, Earl Grey Tea, dan lain-lain. Sambil minum teh hangat di suasana yang dingin, sepiring kecil pisang bakar atau tempe mendoan panas bisa menjadi pelengkap kamu untuk menikmati suasana di Tawangmangu. Harganya murah, satu pitcher the mulai dari Rp 15.000, cemilan mulai dari Rp 5.000, dan makanan berat mulai dari Rp 10.000.

3. Kedai kopi
Kalau kamu naik sampai memasuki Jawa Timur, di sebelah kanan akan terlihat kedai kecil bernama Kedai Kopi. Dari sini pemandangan ke bawah terlihat cantik dan udara disini juga sudah lebih dingin. Dari jalan, kedai ini terlihat kecil, tetapi ternyata ada tempat lain di bawah, karena kontur tanahnya berundak sehingga tempat duduknya pun menjadi tiga tingkat. Tempat ini cocok untuk berkumpul dan mengobrol santai. Kopi yang tersedia juga berbagai macam, kudapan dan makanan yang murah enak juga membuat kamu gak perlu khawatir soal budget.

4. Pisang molen
Pisangnya yang empuk dan ditaburi gula halus membuat pisang molen disini menjadi lebih enak. Apalagi kalau kedapatan yang masih panas, wiiih juara! Beli Rp 5.000 saja sudah dapat seplastik penuh!

5. Penthol 
Ini adalah cemilan khas Surabaya, banyak dijajakan di pinggir jalan dekat objek wisata. Semacam cilok yang dipakaikan sausnya, seperti jajanan anak SD, berasa nostalgia jadinya.
Selain itu, banyak juga kebun strawberry yang bisa dikunjungi, boleh juga dipetik nanti ditimbang untuk dibayar. Biasanya ada dua sistem buat di kebun strawberry ini, yang pertama itu kamu bebas ambil (nanti dikasih keranjang) yang akan ditimbang setelah kamu puas memetik, atau juga bisa juga diberi mika plastik dengan beberapa tipe ukuran misalnya setengah kilo. Strawberry yang sudah siap tinggal dibeli juga banyak dijajakan. Selain untuk kuliner, disini juga banyak tempat untuk liburan seperti restoran lengkap dengan pemancingan dan juga tempat outbond dan camping. Siap liburan?

0 comments:

Post a Comment

"Bukan gunung yang kita taklukkan, tetapi diri sendiri" - Edmund Hillary dari Selandia Baru pendaki gunung Explorer Terkenal karena pertama kali yang berhasil mendaki Gunung Everest. | More: Quotes about Travel