468x60 Ads

Surganya Ujung Genteng!

Ujung genteng yang terletak di Sukabumi, Jawa Barat, memang menjadi pilihan berlibur baik bersama keluarga ataupun teman. Angin kencang dan sejuk menjadi salah satu faktor yang memberi nilai lebih dari pantai di sini. Untuk mencapai ujung genteng, ada 2 opsi yang bisa kamu pilih, yaitu membawa kendaraan pribadi ataupun naik kendaraan umum. Waktu tempuh tergantung dari kota mana kamu berangkat. Dari Jakarta, perjalanan bisa ditempuh kira-kira 6-8 jam tergantung macet atau tidak.



Kalau kamu memilih untuk naik kendaraan umum, kamu bisa pertama naik bisa jurusan terminal Sukabumi kemudian lanjut naik angkutan kota menuju terminal Lembur Situ. Setelah itu, kamu tinggal cari bus atau elf jurusan Surade. Sesampainya di Terminal Surade, kamu lanjut naik angkot warna merah jurusan Ujung Genteng.

Ada apa aja di Ujung Genteng itu? Coba yuk kita bahas sedikit beberapa spot yang bisa kamu datangi:

1. Pantai Tenda Biru.
Bukan sekedar judul lagu, ternyata Tenda Biru merupakan salah satu pantai cantik dengan pasir putih dan hamparan batu karang yang mempesona. Pantai ini berada di kawasan hutan lindung yang dijaga pihak TNI AU. Untuk masuk ke pantai ini, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000. Sayangnya, kecantikan pantai ini mulai ternodai dengan banyaknya sampah dan minimnya perawatan.

2. Pantai Minajaya
Mirip-mirip sama Pantai Tenda Biru, kalau lagi surut kamu bisa liat ibu-ibu mulai mengambil rumput hijau dan bapak-bapaknya mencari lobster. Kamu bisa langsung beli hasil tangkapan nelayan untuk kemudian kamu bawa ke saung-saung pinggir pantai untuk mereka masak.

3. Pantai Cipanarikan atau Pasir Putih
Satu lagi pantai dengan pasir putih yang cantik. Pertemuan air laut dan air tawar muara membuat pemandangan menjadi seolah gurun pasir putih. Untuk bisa menikmati pemandangan-pemandangan tersebut, kendaraan harus di parkir dan sisanya jalan kurang lebih 3-5 menit menyusuri hutan lindung.

4. Pantai Ombak Tujuh
Nama ini katanya diberikan oleh wisatawan asing karena menurut mereka ombaknya bagus untuk surfing. Untuk bisa kesini, kamu harus naik ojek dengan tarif Rp 150.000 hingga Rp 250.000 jika hari ujan. Kamu juga masih harus berjalan 3-5 menit melewati hutan lindung.

5. Curug Cikaso
Setelah tadi membahas pantainya, sekarang beralih ke air terjun yang ada di sana. Pertama itu Curug Cikaso. Karena belum ada transportasi umum menuju kesini maka kamu bisa menyewa ojek atau kendaraan umum kota. Dari tempat parker, kamu akan lanjut naik perahu dengan biayanya kira-kira Rp 60.000 per rombongan atau bisa juga kamu memilih jalan kaki dengan jarak tempuh kira-kira 5 menit.

6. Curug Luhur
Bentuknya adalah sebuah sungai dengan bebatuan ada di dasarnya. Sungai ini kering selama musim kemarau. Cantiknya sungai ini membuat banyak orang jatuh cinta.

Kira-kira itulah beberapa tempat yang bisa kamu datangi kalau melancong ke Ujung Genteng. Kalau kamu membawa kendaraan pribadi, beberapa rute yang bisa kamu pilih adalah:

1.    Rute 1
Jakarta – Ciawi – Cicurug – Cibadak - Pelabuhan Ratu – Cikembar - Jampang  kulon – Surade - Ujung Genteng     
2.    Rute 2
Jakarta – Ciawi – Cicurug – Cibadak – Sukabumi - Jampang Tengah - Jampang Kulon - Surade - Ujung Genteng

3.    Rute 3
Bandung - Cianjur - Sukabumi - Jampang Tengah - Jampang Kulon - Surade -Ujung Genteng


Tips: sebaiknya membawa kendaraan sendiri karena masih minim kendaraan umum untuk menjangkau satu tempat dengan yang lain. Untuk penginapan, berhati-hatilah dalam memilih karena pernah ada kasus pencurian. Sebaiknya pilih tempat yang merupakan referensi kerabat maupun dari internet, lihat reviewnya dengan seksama. Sumber berita pencurian bisa dilihat di http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2013/03/12/hati-hati-berwisata-di-pantai-ujung-genteng-541495.html. Semoga artikel ini dapat membantu.

0 comments:

Post a Comment

"Bukan gunung yang kita taklukkan, tetapi diri sendiri" - Edmund Hillary dari Selandia Baru pendaki gunung Explorer Terkenal karena pertama kali yang berhasil mendaki Gunung Everest. | More: Quotes about Travel